Celoteh Celoteh Film

Self Made: Kisah nyata Perempuan Miliuner di Amerika

Tak hanya miliuner biasa, Self Made mengangkat kisah nyata Madam CJ Walker, perempuan miliuner pertama dari hasil kerja keras sendiri (bukan keturunan elit) di Amerika. Perlu diketahui, Madam CJ Walker adalah wanita berkulit hitam, keturunan Afrika, yang hidup di tahun 1867 hingga 1917. Jadi terbayang kan beratnya perjuangan beliau menjadi perempuan sukses saat itu?

Octavia Spencer memerankan Madam Walker dengan amat sangat menjiwai. Kamu dapat merasakan karakter ambisius, keras, gila kerja; dan itu logis mengingat latar belakang Sarah Breedlove (nama Madam CJ Walker sebelum menikah kedua kalinya) yang dijelaskan pada episode pertama.

Komedian ternama Tiffany Hadish pun hadir memerankan Lelia, anak dari Madam Walker dengan suami pertamanya. Dugaan saya karakter Lelia dalam serial ini sengaja dibuat lucu, mungkin agar serial tersebut tidak terlalu depresi. Entah bagaimana karakter aslinya karena saya belum pernah membaca biografi beliau.

Singkat kisah, Madam Walker ini dapat kaya raya berkat usaha kerasnya menjual produk penumbuh rambut, membuka salon, hingga akhirnya membangun pabrik, dan menjadi miliuner hingga ia mampu membeli rumah di samping rumahnya Rockefeller. Kalau kalian tidak tahu siapa Rockefeller, sebaiknya googling dulu supaya kebayang betapa kayanya Madam Walker.

Jika melihat dari perkembangan karakter, Madam Walker memiliki ambisi karena ia memiliki nemesis bernama Addie, yang dulunya adalah teman baiknya yang membantu ia bangkit dari keterpurukan selepas cerai dari suami pertama. Namun Addie selalu membuat Madam Walker insecure terhadap dirinya sendiri. Sering merasa tidak cantik, tidak percaya diri. Well… aren’t we all?

Karakter-karakter di serial ini semua digambarkan sangat manusiawi. Bagaimana Madam Walker dapat sukses karena sifat ambisius dan control-freak (dilihat dari bagaimana ia mengontrol anak, suami kedua, dan mantunya), dan kita dapat memahami mengapa ia seperti itu karena latar belakangnya digambarkan dengan jelas. Juga karakter Lelia, anak Madam Walker yang lesbian karena melihat pengalaman dua pernikahan ibunya, ditambah mantan suaminya mengkhianati bisnis keluarganya. Bahkan karakter kecil seperti mantunya Madam Walker pun diceritakan dengan jelas mengapa ia memilih untuk mengkhianati bisnis keluarga tersebut.

Serial baru di Netflix ini terdiri dari empat episode, dengan masing-masing episode hanya sekitar 45 menit. Jadi tidak akan memakan waktu lama untuk menyelesaikan serial ini.

Oh iya, uniknya lagi, banyak momen-momen internal communication Madam Walker dibuat dalam gaya drama musikal.

Selain itu, serial ini aman ditonton oleh semua umur menurutku, karena tidak mengandung adegan kekerasan sama sekali. Adegan bercintanya pun hanya satu atau dua kali dari sepanjang empat episode, dan masih dalam batas aman alias minimal masih mengenakan pakaian dalam.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *