[REVIEW] IP Man by Raymond Wong

poster-ip-man-sinema911

Pada Desember 2007, Raymond Wong memutuskan untuk memroduseri film IP Man atas persetujuan anak-anak kandung IP Man. Tadinya tim Raymond Wong berniat menamai filmnya “The Grandmaster IP Man”, sebagai penghormatan terhadap IP Man. Namun Wong Kar-wai, seorang produser film yang juga ingin membuat film berdasar kisah IP Man, mengatakan bahwa judul tersebut sama dengan judul film yang akan dibuatnya. Akhirnya Raymond Wong pun menamai filmnya “IP Man”.

Mulanya, Jeffrey Lau dan Corey Yuen lah yang pertama kali mencetuskan ide untuk membuat film berdasarkan kisah hidup IP Man. Namun sayang, Paragon Films Ltd., studio yang memroduksi film tersebut bangkrut dan proyek tersebut pun terlupakan.

Film ini berhasil memenangkan Best Actor dan Favorite Director di Beijing Student Film Festival, Best Film dan Best Action Choreography di 28th Hong Kong Film Awards, dan Best Action Choreography di 46th Golden Horse Film Awards. Hal ini tak terlepas berkat kerja keras Sammo Hung dan Tonny Leung Shu-hung yang berkolaborasi menampilkan koreografi dalam film ini.

Secara keseluruhan, film ini menampilkan kung-fu yang ciamik, alur cerita yang jelas, dan aktor-aktor yang bagus dalam memainkan perannya. Sayangnya, Simon Yam, aktor yang berperan sebagai pemilik pabrik, tak diberikan kesempatan untuk menunjukkan keahliannya berakting komedi.

Para pemeran pengganti pun tak terlihat muncul dalam film ini dan seakan-akan para aktor aslinya lah yang benar-benar melakukan adegan kungfu. Pergerakan, editan, dan perpindahan sequence  sangat smooth di film ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *