Partisipan Golkar Dimanusiakan

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, itulah yang dialami oleh Adul (19), kasir Libro Universitas Multimedia Nusantara, ketika menjadi partisipan Partai Golkar pada Pemilu Legislatif 2009.  Tak hanya mendapatkan makanan gratis, uang saku sebesar Rp 65.000 pun diperoleh secara cuma-cuma.

Mulanya Adul tak berniat datang ke kampanye Partai Golkar di Monas pada 2009 lalu, ia sebenarnya berencana main futsal di dekat Monas bersama teman-temannya. Ibarat durian runtuh, tak sengaja Adul dan teman-temannya berpapasan dengan Irwan, teman dari ibunya Adul. “Dul, Om ada baju (partai) lebih nih, mau ga?” itulah ucapan Irwan yang ditirukan kembali oleh Adul ketika diwawancara oleh saya. Adul dan teman-temannya pun segera menerima tawaran baju gratis tersebut dengan senang hati. Tak disangka, ternyata Adul dan teman-temannya harus ikut ke Monas sebagai partisipan Partai Golkar. “Ya gapapa lah mbak, waktu itu saya mikirnya toh sekalian searah sama saya. Kan saya emang mau main futsal di Monas juga,” ujar Adul.

Tak seperti partisipan yang lain, Adul dan teman-temannya berangkat dari rumah di Plumpang menggunakan mobil pribadi, karena waktu itu mereka masih berusia 14 tahun. Sesampainya di Monas, Adul dan rombongan partisipan Partai Golkar lainnya tak bisa langsung masuk ke tempat acara. Mereka harus menunggu terlebih dahulu di luar gerbang Monas karena Ketua Umum Partai Golkar belum datang.

Setelah menunggu lebih dari satu jam, akhirnya acara pun dimulai dan mereka diperbolehkan masuk. Orasi demi orasi dikumandangkan bergantian hingga akhirnya tibalah waktu makan siang. Semua orang yang ada di situ, termasuk Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, ikut makan siang bersama. Pada saat itu lah Adul merasa terharu. Baru sekali itu ia merasa “dimanusiakan” karena makan siang beramai-ramai di Monas bersama para pejabat. “Sayangnya saya waktu itu masih 14 tahun sih mbak, jadi belom bisa milih deh,” aku Adul pada akhir wawancara kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *